RPP
Assalamualaikum wr. Wb
Ini merupakan contoh RPP buatan saya, dalam artikel ino berisi satu Contoh RPP buatan saya yang sepertinya masih jauh dari kata sempurna.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SD N 1 Kutasari
Kelas/semester : V/I
Mata Pelajaran : IPA
Jumlah Pertemuan :
A. Standar kompetensi
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia
B. Kompetensi dasar
1.5 mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah.
C. Indikator
1. Siswa dapat menyebutkan macam-macam gangguan pada peredaran darah.
2. Siswa dapat menjelaskan macam-macam gangguan pada peredaran darah.
3. Siswa dapat mencontohkan bagaiman cara mencegah gangguan peredaran darah.
D. Tujuan pembelajaran
1. Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menyebutkan gangguan-gangguan pada peredaran darah manusia dengan tepat.
2. Siswa dapat menjelaskan macam-macam gangguan pada peredaran darah melalui diskusi kelompok dengan baik.
3. Siswa dapat memberi contoh cara mencegah gangguan peredaran darah melalui diskusi kelompok dengan baik.
E. Materi ajar
1. Jenis-jenis gangguan pada peredaran darah.
2. Memelihara kesehatan pada peredaran darah.
F. Alokasi waktu.
2 x 30
G. Metode pembelajaran yang digunakan.
- Model pembelajaran :
- Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi kelompok, Pemberian Tugas.
H. Langkah-langkah pembelajaran.
1. Pendahuluan :
• Guru menyiapkan kondisi siwa agar siap menerima materi.
• Memberikan pertanyaan untuk menghubungkan pengetahuan awal siswa dengan materi yang akan diajarkan
“ kalian tahu puskesmas?”
“ apakah kalian pernah kepuskesmas?”
“ dipuskesmas ada apa?”
“ waktu orang akan diperiksa kadang mereka dikasih alat buat melakukan tensi darah kan ?”
• Nah, pada pembelajaran kali ini kita akan belajar megenai macam-macam gangguan pada organ peredaran darah manusia serta bagaimana cara mencegahnya.
• Materi yang akan kita pelajari yaitu jenis-jenis gangguan peredaran darah, penyebab serta gejalanya, dan cara-cara memelihara kesehatan darah.
2. Kegiatan inti :
• Eksplorasi
Setelah siswa meperhatikan sedikit penjelasan guru mengenai jenis-jenis gangguan pada peredaran darah, siswa diberikan sebuah lembar kerja untuk didiskusikan dan menemukan jawaban bersama.
Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan lembar kerja yang diberikan oleh guru dengan memanfaatkan bahan belajar yang ada seperti buku.
Guru memberi arahan pada siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan lembar kerja yang diberikan oleh guru.
Pada saat guru menjelaskan materi siswa diajak ikut berpikir dengan sesekali diberi stimu;us-stimulus mengenai materi, dengan cara memberi pertannyaan pada mereka.
• Elaborasi
Siswa mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru dengan diskusi kelompok.
Siswa diberi lembar kerja tentang masalah peredaran darah untuk didiskusikan oleh siswa secara kelompok. Dalam penyelesaian lembar kerja,siswa boleh bertanya pada guru saat mngalami kesulitan.
Dalam diskusi kelompok siswa diperbolehkan mengisi lembar kerja mereka sesuai apa yang mereka tahu. Siswa tidak harus mengisi lembar kerja sesuai buku atau penjelasan guru mengenai materi.
Hasil pengamatan siswa pada lembar kerja yang diberikan guru di salin pada selembar kertas oleh setiap siswa untuk dikumpulkan pada guru.
Dalam pengumpulan hasil diskusi, para siswa diharuskan menjawab menggunakan bahasa sendiri dan diharapkan tidak sama persis dengan teman kelompoknya.
• Konfirmasi
Siswa yang mampu membacakan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas akan diberi apresiasi berupa tepuk tangan oleh guru dan teman-teman lain.
Setelah semua kelompok membacakan hasil diskusinya, guru menjelaskan dan meluruskan jika ada pemahaman siswa yang slah terhadap materi.
Siswa diberi pertanyaan tentang hasil eksplorasi yang mereka lakukan agar mereka lebih memahami materi.
Siswa yang kesulitan diberi bantuan berupa arahan dalam penyelesaian masalah.
Siswa yang masih belum paham diberikan masukan dan lembar kerja tambahan agar mereka lebih memahami materi.
3. Kegiatan akhir
• Guru mengajak siswa menyimpulkan bersama hasil diskusi mereka.
• Siswa dinilai sesuai perilaku dan pemahaman mereka terhadap materi.
• Siswa diberikan tugas rumah untuk memepelajari dan mengisi soal pada lks mereka untuk pertemuan berikutnya.
• Siswa diberi penjelasan mengenai apa yang akan mereka lakukan pada pertemuan berikutnya.
I. Penilaian Hasil belajar
• Prosedur penilaian : Tes tulis
• Instrumen Penilaian Proses :
J. Media/Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Media pembelajaran :
• Alat/Bahan : LKS, RPP
• Sumber Belajar : BUKU, LKS, GURU.
0 komentar