contoh rpp

By Yogo Adi Nugroho - November 20, 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan                  : SD N 1 KUTASARI
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                        : IV/1
Waktu                                     : 2 x 35 menit.
A.    Standar Kompetensi.
5.0       Hubungan sesama mahluk hidup dan antara mahluk hidup dengan lingkunganya.
B.     Kompetensi dasar.
5.2       Hubungan antara mahluk hidup dan lingkunganya.
C.     Indikator.
5.2.1    Siswa dapat menjelaskan pengertian rantai makanan.
5.2.2    Siswa dapat mengurutkan bagian-bagian rantai makanan yang disusun acak.
5.2.3    siswa dapat mengkategorikan pelaku yang terdapat pada rantai makanan.
D.    Tujuan pembelajaran.
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian rantai makanan melalui pengamatan pada video dengan baik.
2.      Siswa dapat megurutkan tahapan rantai makanan melalui diskusi kelompok dengan baik.
3.      Siswa dapat mengkategorikan pelaku pada rantai makanan melalui pengamatan dengan baik.
E.     Materi Ajar.
Rantai makanan
1.      Rantai makanan adalah hubungan saling ketergantungan antar mahluk hidup dapat berupa hubungan makan dan dimakan.
2.      Urutan proses terjadinya rantai makanan
 Contoh : rumput→Belalang→Kodok→Ular→Elang→dekomposer
3.      Pada peristiwa makan dan dimakan tersebut, rumput berperan sebagai
Produsen, kemudian belalang yang memakan rumput disebu konsumen tingkat I. Ular yang memakan belalang disebut konsumen tingkat II, sedangkan elang yang memakan ular disebut konsumen tingkat III. Belalang, ular, dan elang tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga disebut konsumen. Saat semua mahluk mati maka akan diuraikan oleh bakteri (dekomposer).
F.      Media, Sumber dan Metoda.
Ø  Media              :
Ø  video
Ø  Sumber            :
Ø  KTSP Kelas VI Mata Pelajaran IPA
Ø  Sulistiyanto,Heri dan Wiyono,Edi.2008..Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Ø  Anggraeni,Sri dan Devy,K,Poppy.2008. Ilmu pengetahuan alam Untuk SD dan MI Kelas IV.Jakarta: Pusat Perbukuan.
Ø  Nurachmandani,Setya dan Wahyono,Budi.2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4: untuk SD/MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Ø  Metoda : Pengamatan, percobaan, diskusi dan tanya jawab.
G.    Kegiatan pembelajaran
No
Tahap
Kegiatan
Waktu
1.
Pra
Ø Mempersiapkan perangakat pembelajaran
        yang akan digunakan,
Ø Mengkondisikan siswa untuk pembelajaran
        yang akan dilaksanakan.

2.
Awal
a.    Apersepsi







Ø Motivasi


Ø Informasi
Ø  Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah diberikan sebelumnya.
“pernahkan kalian melihat kambing atau rusa makan?”
“apakah ada yang bisa memakan kambing atau rusa? Apa?”
“saat pemakan hewan mati,adakah hewan yang akan memakan mereka?”

Ø  Memotivasi belajar siswa dengan menunjukkan alat peraga berupa tayangan video tentang air.

Ø  Memberikan informasi tentang materi dan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa setelah selesai pembelajaran.
Ø  Menjelaskan metode dan kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama pembelajaran.

3.
Kegiatan Inti
a.    Ekslorasi







b.    Elaborasi














c.       Konfirmasi
Ø  Siswa melihat tayangan video pembelajaran tentang rantai makanan.
Ø  Memberikan penguatan pemahaman materi siswa setelah mengamati tayangan video pembelajaran
Ø  Mengadakan tanya jawab seputar video rantai makanan.

Ø  Siswa membentuk kelompok untuk mendislusikan proses terjadinya rantai makanan
Ø  Siswa berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah yang ada dalamLKS.
Ø  Masing-masing siwa mengurutkan tahapan proses rantai makanan dengan cara diskusi dengan teman sebangku
Ø  Siswa memahami konsep rantai makanan dan dapat mengkategorikan pelaku-pelaku yang terdapat dalam rantai makanan.

Ø  Perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusi mereka di depan kelas.
Ø  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan tahapan-tahapan dalam rantai makanan dan istilah-istilah untuk pelaku rantai makanan
Ø  Masing-masing siswa mengumpulkan hasil diskusi mereka dengan menggunakan kertas kepada guru.

4.
Akhir
Ø  Memberikan evaluasi berupa tes akhir seputar materi pembelajaran kepada siswa.
Ø  Memberi informasi tentang materi dan kegiatan pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.


H.    Alat/ Media Pembelajaran dan Sumber Belajar.
Alat/media                  : Video pembelajaran Rantai Makanan.
Ø  Sumber Belajar            :
o    KTSP Kelas VI Mata Pelajaran IPA
o     Sulistiyanto,Heri dan Wiyono,Edi.2008..Ilmu Pengetahuan   Alam Untuk SD/MI kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan.
o    Anggraeni,Sri dan Devy,K,Poppy.2008. Ilmu pengetahuan  alam Untuk SD dan MI Kelas IV.Jakarta: Pusat Perbukuan.
o     Nurachmandani,Setya dan Wahyono,Budi.2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4: untuk SD/MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan.
I.       Penilaian.
1.      Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
b. Penilaian Hasil Belajar.
J.       Instrumen penilaian.
Terlampir

Mengetahui,
Kepala sekolah
Banyumas,19 nopember 2015.
Guru Kelas





................................
NIP : ...
.................................
NIP : ...




LEMBAR KERJA SISWA
Tanggal           : ...
Nama               : ...


Materi              : Rantai makanan
Tujuan             : menjelaskan pengertian rantai makanan,mamahami proses terjadinya rantai makanan.
Petunjuk pengerjaan                :
1.      Amati gambar dibawah ini
Berdasarkan gambar di atas, disebut apakah proses diatas?jelaskan!
........................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................
2.      Isilah titik-titik dibawah ini dengan menjodohkan jawaban dalam tabel.
No
Tumbuhan/hewan
1.
Ular
2.
Bakteri
3.
kodok
4.
Tikus
5.
rumput



..(1)..→kelinci→..(2)..→elang→..(3)



1.      ...
2.      ...
3.      ...



3.      Amatilah gambar di bawah ini.
No
Gambar
1.
2.
3.
4.
5.

a.       Urutkanlah gambar-gambar diatas agar membentuk Proses Rantai makanan Dengan baik!
............................................................................................................................................................................................................................................................
b.      Setelah anda mengurutkan gambar diatas, Identifikasi pelaku-pelaku rantai makanan tersebut, kategorikan mana yang termasuk konsumen,produsen,atau dekomposer pada rantai makanan diatas.jelaskan!
............................................................................................................................................................................................................................................................
4.      Apa yang dapat kalian simpulkan dari proses pembelajaran diatas.
........................................................................................................................................................................................................................................................................




LEMBAR EVALUASI SISWA
Nama         :
Kelas         : IV
Tanggal     :

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan rantai makanan?
............................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Lengkapi gambar dibawah ini!
padi→..(a)..→..(b)..→ular→..(c)..→bakteri
a)
b)
c)
3.      Jelaskan perbedaan dari produsen,konsumen,dan dekomposer.
............................................................................................................................................................................................................................................................

4.      Buatlah 1 contoh susunan rantai makanan yang anda ketahui dengan baik, serta sebutkan mana yang termasuk produsen,konsumen,dan dekomposer.
............................................................................................................................................................................................................................................................



Lampiran
Penilaian kognitif proses
No
Aspek yang diamati
Kriteria
Skor
1.
Siswa bekerjasama dalam
menjalankan diskusi kelompok.
*Sering bekerjasama
*bekerjasama
*Kadang-kadang bekerjasama
*Tidak bekerjasama
4
3
2
1
2.
Siswa melakukan diskusi mengenai Proses terjadinya rantai makanan
*Melakukan dengan   sungguhsungguh
dan mencatat hasilnya
*hanya melakukan dan tidak
mencatat
*Melakukan tidak dengan
sungguh-sungguh
*Tidak melakukan diskusi
4


3

2

1

Penilaian psikomotor
Jawaban LKS
Bobot
No 1 : 15 poin
No 2 : 15 poin
No 3 → a : 20 poin
              b : 20 poin
No 4 : 30 poin

Jawaban Evaluasi
No 1 : 20 poin
No 2 : 20 poin
No 3 : 30 poin
No 4 : 30 poin

Instrumen penilaian

Penilaian Afektif
No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Kedisiplinan
sangat disiplin
disiplin
kadang-kadang disiplin
tidak disiplin
4
3
2
1
2
Tanggung jawab
sangat bertanggung jawab
tanggung jawab
kadang-kadang
tidak bertanggung jawab
4
3
2
1
3
Ketelitian
sangat teliti
teliti
kadang-kadang teliti
tidak teliti
4
3
2
1
4
Keaktifan
sangat aktif
aktif
kadang-kadang aktif
tidak aktif
4
3
2
1
5.
Kerja Sama
bekerja sama dengan baik
bekerja sama
kadang-kadang
tidak mau bekerja sama
4
3
2
1

Keterangan :
4 = Sangat Baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang



KUNCI JAWABAN
A.    Lembar kerja siswa
1.      Proses rantai makanan
Rantai makanan adalah perjalanan makan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. ( bobot  15)
2.      a.  Padi.
b.   ular .
c.    bakteri. ( bobot 15)
3.      a.  ( bobot 20)

c.       ( bobot 20)
Produsen
Konsumen 1
Konsumen 2
Konsumen 3
Konsumen 4
dekomposer

4.    Rantai makanan adalah perjalanan makan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup, terdiri dari 3 komponen yaitu produsen,konsumen dan dekomposer. produsen adalah sesuatu yang dapat membuat makanannya sendiri. konsumen adalah hewan yang memakan produsen, sesuatu yang  dapat membuat makanannya sendiri. konsumen ada beberapa tingkatan yaitu : Pemakan produsen disebut konsumen tingkat I. Hewan yang memakan konsumen tingkat I disebut tingkat II, sedangkan hewan pemakan konsumen tingkat II disebut konsumen tingkat III. Hewan yang tidak dapat membuat makanan sendiri sehingga disebut konsumen. Semua makhluk hidup yang mati apabila tidak dimakan oleh makhluk hidup yang lain akan diuraikan oleh bakteri atau jamur (dekomposer)
( bobot 30)

B.   Lembar Evaluasi
1.      Rantai makanan adalah perjalanan makan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. ( bobot 20)
2.    a. Belalang
b.  katak
c.  elang
(bobot 20)
3.    produsen adalah sesuatu yang  dapat membuat makanannya sendiri, produsen adalah hewan yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, sedangkan dekomposer adalah zat yang bertugas menguraikan hewan atau konsumen yang sudah mati. (bobot 30)
4.     
a.    Padi disebut produsen
b.    Tikus disebut konsumen tingkat 1
c.    Ular disebut konsumen tingkat 2
d.    Elang disebut konsumen tinkat 3
e.    Jamur/bakteri disebut dekomposer

( bobot 30)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar