Prinsip Prinsip pembuatan silabus
By Yogo Adi Nugroho - November 10, 2015
Siabus merupakan sebuah acuan
atau pedoman pembelajaran yang terdapat pada setiap kelas dan disetiap mata
pembelajaran yang berisi sk,kd,indikator,materi,kegiatan
pembelajaran,pencapaian kompetensi,penialaian,alokasi waktu,dan sumber belajar.
Nah, silabus ini digunakan sebagai bantuan dalam pengembangan pembuatan
sebuah rpp, selain itu silabus juga
bermanfaat sebagai pedoman dalam proses pengembangan atau pembuatan rencana
pembelajaran.
Dalam pembuatan silabus tentu
saja ada hal-hal yang harus diperhatikan, agar silabus yang dibuat dapat
memenui kriteria dan sesuai dengan apa yang pemerintah inginkan. Berikut adalah
hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan silabus.
A. Prinsip-prinsip pembuatan silabus.
- ilmiah
Maksud ilmiah
disini dalam pembuatan silabus sudah seharusnya materi yang ada dalam silabus
dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan dan dapat dibuktikan melalui
langkah-langkah ilmiah.
- Relevan.
Cakupan,kedalaman,tingkat
kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus itu disesuaikan dengan
perkembangan intelektual sosial,emosional,dan spiritual peserta didik.
Penyususnan materi harus sistematis.
- Sistematis.
Komponen-komponen
silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi. Jadi
pemberian materi kedua saling terkait dengan materi pertama dan begitu
selanjutnya.
- Konsisten.
Adanya hubungan
yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi
pokok,/pembelajaran,kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem
penilaian.
- Memadai.
cakupan indikator,materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian
cukup menunjang pencapaian kompetensi dasar.
- Aktual
dan kontekstual.
cakupan
indikator,materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan
sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu,teknologi dan seni mutakhir
dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi.
- Menyeluruh.
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi
keragaman peserta didik,pendidik,serta dinamiika perubahan yang terjadi disekolah
dan tuntutan masyarakat.
8. Meyeluruh.
Komponen siabus
mencakup keseluruhan ranah kompetensi ( kognitif,afektif, dan psikomotor).
B.
Penentuan
tujuan silabus.
Dalam pembuatan tujuan
pembelajaran yang harus dicapai siswa dalam sebuah silabus tentunya kita harus
memperhatikan beberapa hal agar pembuatan tujuan sesuai dan tepat. Berikut akan
dijelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan tujuan sebuah
silabus :
1. Audience.
Audience disini
merupakan sekelompok orang yang dijadikan sebagai objek sekaligus subjek dari
proses pembelajaran, atau juga dapat diartikan sebagai si penerima materi dalam
kegiatan belajar mengajar.
2. Behavior
Suatu pola
perilaku yang dapat dicapaai atau dikuasai siswa setelah menerima proses
belajar mengajar.
3. Condition.
Keadaan atau
kondisi siswa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan/aktifitas, persyaratan
yang perlu dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai.
4. Degree
Perbandingan dalam konteks tujuan
pembelajaran bertujuan untuk membandingkan kondisi sebelum fdan sesudah
belajar.
0 komentar