Prinsip Prinsip pembuatan silabus

By Yogo Adi Nugroho - November 10, 2015

SILABUS


Siabus merupakan sebuah acuan atau pedoman pembelajaran yang terdapat pada setiap kelas dan disetiap mata pembelajaran yang berisi sk,kd,indikator,materi,kegiatan pembelajaran,pencapaian kompetensi,penialaian,alokasi waktu,dan sumber belajar. Nah, silabus ini digunakan sebagai bantuan dalam pengembangan pembuatan sebuah  rpp, selain itu silabus juga bermanfaat sebagai pedoman dalam proses pengembangan atau pembuatan rencana pembelajaran.
Dalam pembuatan silabus tentu saja ada hal-hal yang harus diperhatikan, agar silabus yang dibuat dapat memenui kriteria dan sesuai dengan apa yang pemerintah inginkan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan silabus.

A.        Prinsip-prinsip pembuatan silabus.


  • ilmiah



Maksud ilmiah disini dalam pembuatan silabus sudah seharusnya materi yang ada dalam silabus dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan dan dapat dibuktikan melalui langkah-langkah ilmiah.

  • Relevan.



Cakupan,kedalaman,tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus itu disesuaikan dengan perkembangan intelektual sosial,emosional,dan spiritual peserta didik. Penyususnan materi harus sistematis.

  • Sistematis.



Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi. Jadi pemberian materi kedua saling terkait dengan materi pertama dan begitu selanjutnya.

  • Konsisten.


Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok,/pembelajaran,kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian.

  • Memadai.


cakupan indikator,materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup menunjang pencapaian kompetensi dasar.

  • Aktual dan kontekstual.


cakupan indikator,materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu,teknologi dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi.

  • Menyeluruh.


Keseluruhan  komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik,pendidik,serta dinamiika perubahan yang terjadi disekolah dan tuntutan masyarakat.
8.       Meyeluruh.
Komponen siabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi ( kognitif,afektif, dan psikomotor).

B.        Penentuan tujuan silabus.

Dalam pembuatan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa dalam sebuah silabus tentunya kita harus memperhatikan beberapa hal agar pembuatan tujuan sesuai dan tepat. Berikut akan dijelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan tujuan sebuah silabus :

1.    Audience.

Audience disini merupakan sekelompok orang yang dijadikan sebagai objek sekaligus subjek dari proses pembelajaran, atau juga dapat diartikan sebagai si penerima materi dalam kegiatan belajar mengajar.

2.    Behavior

Suatu pola perilaku yang dapat dicapaai atau dikuasai siswa setelah menerima proses belajar mengajar.

3.    Condition.

Keadaan atau kondisi siswa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan/aktifitas, persyaratan yang perlu dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai.

4.    Degree


Perbandingan dalam konteks tujuan pembelajaran bertujuan untuk membandingkan kondisi sebelum fdan sesudah belajar.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar