Perencanaan pembelajaran

By Yogo Adi Nugroho - November 09, 2015


  Perencanaan memiliki banyak definisi menurut cunningham perencanaan merupakan kegiatan menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan,fakta,imaginasi,dan asumsi untuk divisualisasikan dan memformulasikan hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang diperlukan dalam perilaku dalam batas-batas yang dapat diterima yang akan digunakan dalam penyelesaian.
Contoh : saya akan merencanakan kegiatan hari besok, besok adalah hari minggu,hari libur. Dihari tersebut saya akan bebas melakukan apa saja, bisa tidur seharian,makan,ngerjain tugas,ngegame,nonton tv dll. Untuk hari minngu besok saya akan liburan ke pantai saja lah, saya akan berangkat sekitar jam 10 pagi kesana dengan mengendarai mobil. Agar saya bisa melakukan hal tersebut berarti saya harus mempersiapkan segala sesuatunya 3 jam sebelum berangkat yaitu jam 7 pagi. Saya akan bawa hal-hal yang penting dan meninggalkan hal yang tidak perlu agar tidak merepotkan dan tidak memperbanyak bawaan. Setelah saya saya sampai dipantai saya akan menenggelamkan diri saya misal dan bla bla. Ini merupakan sebuah contoh aplikatif dari pengertian perencanaan yang dikemukakan oleh cunningham,intinya yang perlu ditekankan dalam perencanaan usaha menyeleksi dan menghubungkan sesuatu yang akan dicapai pada masa depan serta usaha yang harus dilakukan agar keinginan kita dapat tercapai atau berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

  Menurut steller bahwa perencanaan adalah hubungan antara apa yang ada sekarang ( what is) dengan bagaimana seharusnya (what should be) yang bertalian dengan kebutuhan,penentuan tujuan,prioritas,program dan alokasi sumber.
Contoh : keadaan sekarang yang kita alami sekarang sebagai mahasiswa adalah kuliah pulang kuliah pulang, kita sudah mulai berpikir bahwa ini salah dan berpikir bahawasanya saya harus berubah misal harus mengikuti organisasi karena dengan organisasi akan melatih saya meraih kompetensi yang berbeda dengan mahasiswa kebanyakan agar memuluskan karir saya di dunia kerja. Nah untuk itu saya harus ikut salah satu organisasi yang ada agar saya menjadi berbeda, dengan cara saya akan aktif diorganisasi akan bertanggung jawab dll.

  Perencanaan menurut steller menekankan pada usaha mengisi kesenjangan antara keadaan sekarang dengan keadaaan yang akan datang disesuaikan dengan apa yang dicita-citakan.
Jadi dari kedua pengertian yang dikemukakan ahli dapat disimpulkan atau diambil pengertian secara gampangnya bahwa perencanaan merupakan suatu rangkaian tindakan atau suatu rangkaian usaha yang dibuat setelah kita menentukan tujuan yang ingin dicapai, agar hal yang kita hendaki pada masa mendatang dapat tercapai secara baik atau tujuan yang telah kita buat dapat tercapai.
Pembelajaran merupakan suatu pola  transfer ilmu pengetahuan antara pendidik dan peserta didik.

Jadi perencanaan pembelajaran adalah suatu kegiatan penentuan usaha yang sistematis sebagai dasar acuan langkah-langkah yang harus lakukan dalam proses transfer ilmu pengetahuan agar tercapailah tujuan pembelajaran yang diinginkan.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar