Perencanaan pembelajaran
By Yogo Adi Nugroho - November 09, 2015
Perencanaan memiliki banyak definisi menurut cunningham
perencanaan merupakan kegiatan menyeleksi dan menghubungkan
pengetahuan,fakta,imaginasi,dan asumsi untuk divisualisasikan dan
memformulasikan hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang diperlukan dalam
perilaku dalam batas-batas yang dapat diterima yang akan digunakan dalam
penyelesaian.
Contoh : saya akan merencanakan kegiatan hari besok, besok
adalah hari minggu,hari libur. Dihari tersebut saya akan bebas melakukan apa saja,
bisa tidur seharian,makan,ngerjain tugas,ngegame,nonton tv dll. Untuk hari
minngu besok saya akan liburan ke pantai saja lah, saya akan berangkat sekitar
jam 10 pagi kesana dengan mengendarai mobil. Agar saya bisa melakukan hal
tersebut berarti saya harus mempersiapkan segala sesuatunya 3 jam sebelum
berangkat yaitu jam 7 pagi. Saya akan bawa hal-hal yang penting dan
meninggalkan hal yang tidak perlu agar tidak merepotkan dan tidak memperbanyak
bawaan. Setelah saya saya sampai dipantai saya akan menenggelamkan diri saya
misal dan bla bla. Ini merupakan sebuah contoh aplikatif dari pengertian
perencanaan yang dikemukakan oleh cunningham,intinya yang perlu ditekankan
dalam perencanaan usaha menyeleksi dan menghubungkan sesuatu yang akan dicapai
pada masa depan serta usaha yang harus dilakukan agar keinginan kita dapat
tercapai atau berjalan sesuai dengan yang diinginkan.
Menurut steller bahwa perencanaan adalah hubungan antara apa
yang ada sekarang ( what is) dengan bagaimana seharusnya (what should be) yang
bertalian dengan kebutuhan,penentuan tujuan,prioritas,program dan alokasi
sumber.
Contoh : keadaan sekarang yang kita alami sekarang sebagai
mahasiswa adalah kuliah pulang kuliah pulang, kita sudah mulai berpikir bahwa
ini salah dan berpikir bahawasanya saya harus berubah misal harus mengikuti
organisasi karena dengan organisasi akan melatih saya meraih kompetensi yang
berbeda dengan mahasiswa kebanyakan agar memuluskan karir saya di dunia kerja.
Nah untuk itu saya harus ikut salah satu organisasi yang ada agar saya menjadi
berbeda, dengan cara saya akan aktif diorganisasi akan bertanggung jawab dll.
Perencanaan menurut steller menekankan pada usaha mengisi
kesenjangan antara keadaan sekarang dengan keadaaan yang akan datang
disesuaikan dengan apa yang dicita-citakan.
Jadi dari kedua pengertian yang dikemukakan ahli dapat
disimpulkan atau diambil pengertian secara gampangnya bahwa perencanaan
merupakan suatu rangkaian tindakan atau suatu rangkaian usaha yang dibuat
setelah kita menentukan tujuan yang ingin dicapai, agar hal yang kita hendaki
pada masa mendatang dapat tercapai secara baik atau tujuan yang telah kita buat
dapat tercapai.
Pembelajaran merupakan suatu pola transfer ilmu pengetahuan antara pendidik dan
peserta didik.
Jadi perencanaan
pembelajaran adalah suatu kegiatan penentuan usaha yang sistematis sebagai
dasar acuan langkah-langkah yang harus lakukan dalam proses transfer ilmu
pengetahuan agar tercapailah tujuan pembelajaran yang diinginkan.
0 komentar