Manajer dan managemen
By Yogo Adi Nugroho - December 29, 2015
Manajer dan managemen
Dalam hidup pastinya kita butuh banyak perencanaan, dimana hal tersebut akan sangat berpengaruh dalam menunjang segala aktifitas kita. Saat kita dapat menjadi manager yang baik baik diri kita sendiri maka segala aktifitas akan berjalan dengan baik. Untuk melakukan manajemen diri sudah sepantasnya kita untuk mencari tahu pengertian manager dan managemen itu sendiri. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dan bertugas mengoordinir bawahan agar bekerja sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan. Manajer disini hampir sama dengan guru. Lebih tepatnya guru SD. Kenapa? Karena seorang manajeryang bauk harus dapat mengarahkan pekerjaan bawahanya agar sesuai dengan tujuan yang ada, dengan kata lain seorang manajer yang baik harus memiliki pengetahuan yang tidak hanya tentang pekerjaan yang menjadi tugas bawahanya tetapi ia juga harus mengetahui secara pasti bagaimana melakukan semua pekerjaan yang menjadi tugasnya dan bawahanya.Seorang manajer harusnya dapat mengetahui keadaan pribadi-pribadi bawahanya seperti halnya seorang guru yang harus mengetahui kompetensi peserta didiknya agar dapat menentukan model dan pembelajaran apa yang sesuai untuk peserta didiknya. Saat seorang manajer tidak mengetahui kompetensi bawahanya maka akan berdampak pada kurang optimalnya pencapaian suatu tujuan dari pekerjaanya tersebut. Hal sedemikian dapat dicegah, untuk menanggulangi hal tersebut maka kita harus memahami hakikat manajemen itu sendiri. Pendapat umum berkesimpulan bahwa manajemen sebagai bagian dari seni atau praktek sekurang-kurangnya memerlukan suatu pertimbangan dan pikiran yang sehat, di samping itu juga manajemen juga merupakan pengetahuan yang terus berkembang yang dapat dipelajari, dipikirkan, dan dipergunakan oleh setiap orang. Manajemen dapat membuat orang bekerja lebih wfektif, seperti contoh saat kita mengerjakan sesuatu secara terorganisir, sudah dapat memutuskan hal-hal mana yang pwrlu didahulukan dan hal mana yang perlu dikesampingkan maka kita bisa melakukan sebuah pekerjaan dengan lebih efektif. Oleh sebab itu, manajemen juga diartikan sebagai pembuatan keputusan atau management is decision making hal ini tidak salah saat kita menghubungkanya dengan banyak kegiatan-kegiatan seperti memperluas usaha dengan cara-cara twrtentu, memperkerjakan seseorang, memberhentikan orang dan yang lainya.
Untuk memanage orang dengan baik adalah sebuah pengalaman yang luar biasa, hal tersebut dapat kita lakukan dengan hal yang lebih mudah yaitu dengan memuali memanage diri sendiri agar kehidupan kita lebih efektif lagi. Melakukan managemen juga dapat dilakukan atau diketahui melalui pengalaman.
0 komentar